TAMAN VERTIKAL GARDEN ADALAH ?

APA ITU TAMAN VERTIKAL   ? 

Taman Vertical Garden adalah  taman yang dibangun secara tegak lurus (vertikal). Taman Vertical Garden di Indoneisa ini juga sering disebut taman dinding, green wall, vertical landscape, living wall, dan sebagainya. Sederhananya, taman vertical garden berbeda dengan taman horizontal yang kita kenal selama ini, karena ditanam vertikal secara tegak lurus.










taman vertikal garden  francesco Bolluni
Taman Vertikal Garden Francesco Bolunni
Gelar Taman Vertikal Garden Terbesar dan Termegah dari Genius Book Of Record  menghabiskan dana sebesar  19 Miliar Rupiah lihat
disini  


Salah satu tujuan taman vertical garden adalah mengatasi keterbatasan lahan, khususnya di kota-kota taman vertikal di Jakarta atau Surabaya atau pada umumnya  taman vertical garden  di Indonesia. Selain itu, taman vertical garden di Indonesia  adalah menjadi sarana ruang hijau yang memiliki banyak fungsi atau kegunaan. Misalnya, menjadi penahan panas matahari, mengurangi polusi udara, meningkatkan suplai oksigen, meredam polusi suara, dan sebagainya. Selain itu taman vertical garden di Indonesia adalah jika dilihat fungsinya dari sisi  estetika, taman vertikal garden atau vertical garden Indonesia  memiliki keindahan tersendiri yang tak dimiliki taman horizontal di mancanegara.






Taman Vertikal Garden Francesco Bolluni Genius book of record
Penghargaan Genius Book Of Record Taman Vertikal Garden Terbesar dan Termegah di Dunia


Taman vertical garden di Indonesia  memiliki  dua jenis  sistem yaitu  green facades dan living wall. Green facades merupakan dinding yang ditumbuhi tanaman merambat yang langsung tumbuh di dinding. Sementrara living wall merupakan dinding yang diberi media tanam untuk tumbuh tanaman. Living wall biasanya terdiri dari rangka (frame), panel tanaman, sistim irigasi/peniyiraman dan pemupukan, media tanam, dan tanaman itu sendiri.

Pengganti Matahari
Untuk membuat taman vertical  garden sederhana, sebetulnya bisa dengan cara membuat taman vertikal murah atau taman vertikal minimalis . Misalnya, menanam tanaman di dalam pot kemudian disusun dari atas ke bawah. Atau membuat taman vertikal paralon  maupun bambu untuk menanam tanaman dan disusun dari atas ke bawah.


Outdoor Taman Vertikal 


Namun, cara-cara ini memiliki daya tahan yang kurang maksimal. Supaya bisa maksimal, Taman Vertikal Garden  adalah dengan menggunakan pipa dan sistem penyiraman dan pemupukan otomatis Khususnya bila bidang area vertical garden-nya lumayan luas atau besar,.

Tanaman untuk taman vertikal garden  adalah merupakan  bagian dari aplikasi ilmu interior design yang  bisa dibedakan menjadi vertical garden di luar ruangan (outdoor), di dalam ruangan (indoor), penyekat atau pemisah, dan penutup bangunan. Indoor vertical garden biasanya menggunakan lampu khusus sebagai pengganti sinar matahari. Jumlah lampu sendiri disesuaikan dengan luas bidang taman vertikal atau vertical garden-nya.

Indoor Taman Vertikal


Dalam Taman vertikal atau Vertical Garden Pola penyusunan tanaman juga bisa dibedakan menjadi beberapa macam. Macam taman vertikal atau vertical garden adalah diantaranya apakah hanya dengan satu jenis tanaman, menggunakan pola tertentu, atau tumbuh alami. "Jenis tanaman bisa dipilih tanaman lokal seperti yang biasa kita tanam. Jenis pohon untuk taman vertikal garden adalah   termasuk dalam tiga puluh jenis tanaman lokal yang sudah dicoba bisa ditanam. Cuma, memang ada beberapa jenis tanaman lokal yang tidak bisa tumbuh maksimal di taman vertikal atau vertical garden.

Cara merawat taman vertikal adalah  merupakan bagian penting ketika Taman Vertikal sudah jadi dan perlu perawatan tersendiri sebetunya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Yang penting maintenance, misalnya sebulan dua kali dicek sistem pengairan dan pemupukannya. Lakukan prooning atau pemangkasan kalau tanaman sudah  menjuntai tidak beraturan. 

Pasalnya, setelah enam bulan sampai setahun, tanaman pasti akan tumbuh lebat tidak peraturan. Selain itu, sebaiknya juga rajin-rajin membersihkan daun atau tanaman yang jatuh ke tanah. 

Tidak perlu mengganti frame atau pipa karena cukup tahan,  Paling kalau ada yang sering mengganti tanaman yang mati. Satu dua pohon pasti ada yang mati, tergantung dari mana sinar matahari datang. Pada outdoor taman vertikal atau vertical gardennya, biasanya arah datangnya sinar matahari berubah-ubah. "Nah, kalau tanaman tidak kena sinar pasti mati. Tinggal mengganti saja," pungkasnya.

Taman  vertikal garden  adalah sesungguhnya taman yang tidak menggunakan tanah. Selain komposisi, ternyata berat media tanam juga memengaruhi tampilan dan daya tahan vertical garden. Oleh karena itu, media tanam vertical garden atau taman vertikal adalah  bukan tanah. Beberapa jenis media tanam yang acapkali digunakan misalnya coco peat, sekam, rumput laut, dan sebagainya.

Taman vertikal garden adalah baik jika  menggunakan media tanam yang ringan supaya tidak membebani struktur dinding. Misalnya, campuran antara peat moss (gambut) dengan coco peat. Gambut mengandung nutrisi untuk pertumbuhan dan coco peat baik untuk menyimpan air.

Sementara pohon untuk taman vertikal atau vertical garden sebaiknya yang dipilih adalah dari jenis merambat atau tumbuh menjuntai ke bawah agar terlihat cantik.  Taman Vertikal Garden atau Vertical Garden ada beberapa jenis yaitu adalah suplir, phytonia, bromelia, kadaka, sirih gading, dan sebagainya. Taman Vertikal Garden atau Vertical garden juga bisa menggunakan lebih dari satu jenis tanaman. Tapi, komposisinya sebaiknya dipilih dengan variasi warna yang seragam atau sesuai kebutuhan dalam maupun luar ruangan. 

Bagaimana cara membuat taman vertikal garden supaya dapat mengatur pengairannya secara otomatis. Cara mengatur pengairannya pada taman vertikal garden   adalah? Apabila ukuran taman vertikal tidak terlalu besar dan tinggi (maksimal 2,5 m), penyiraman dapat dilakukan secara manual menggunakan selang. Sedangkan pemupukan taman vertikal adalah menggunakan penyemprot (sprayer). Bila ukurannya besar, penyiraman harus menggunakan sistem semi otomatis mekanis  baik dengan pompa dan pemupukan dengan infus atau dosing unit. Agar tidak merepotkan, dapat digunakan pengatur waktu (timer) yang akan mengatur secara otomatis waktu-waktu penyiraman dan pemupukan. 


VIDEO  PILIHAN 

jasa pembuatan website murah

Komentar

  1. VERTICAL GARDEN INDONESIA Kini Hadir untuk anda yang sedang mencari jasa pembuatan VERTICAL GARDEN/GREEN WALL dengan harga pembuatan vertical garden yang sangat relatife terjangkau ( Murah ) dengan kualitas pengerjaan vertical garden terbaik dan telah menggunkan system penyiraman secara otomatis, dan selalu di tangani oleh tenaga pekerja yang sangat professional di bidang pertamanan, Percayakan kepada kami ahlinya jasa perancangan dan pembuatan vertical garden,

    Bagi anda yang belum tahu apa itu vertical garden, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai vertical garden, Vertical Garden atau yang biasa disebut taman vertical adalah salah satu jenis atau desain konsep taman hanya saja taman ini memiliki perbedaan tersendiri dibandingkan dengan taman pada umum nya, Jika taman pada umumnya dibuat secara horizontal ( Lurus Ke bawah ) maka tidak pada taman vertical, taman ini dibuat secara vertical ( Lurus keatas )

    Lahan yang terbatas tidak menjadi penghalang bagi Anda untuk menghadirkan taman yang asri ke tengah-tengah rumah. Anda bisa menyiasatinya dengan membuat taman vertikal atau yang sering disebut taman vertical, Model taman vertical ini menjadi primadona masyarakat Indonesia khususnya di perkotaan, Desain taman hias vertical ini dapat dibuat sederhana dengan menggunakan tanaman dalam pot yang dibuat ke atas atau menggunakan tanaman rambat di bagian dinding rumah,


    Berikut Ini Area Layanan Jasa Pembuatan Vertical Garden Kami Yang Meliputi:

    Jakarta Pusat: Senen, Cempaka Putih, Tanah Abang, Gambir, Menteng, Kemayoran, Sawah Besar, Johar Baru dan sekitarnya.

    Jakarta Timur: Ciracas, Cibubur, Cipayung, Matraman, Jatinegara, Duren Sawit, Kramat Jati, Makasar, Pasar Rebo, Cakung, Pulo Gadung dan sekitarnya.

    Jakarta Barat: Grogol Petamburan, Kebon Jeruk, Palmerah, Kembangan, Taman Sari, Tambora, Kalideres, Cengkareng dan sekitarnya.

    Jakarta Selatan: Kebagusan, Jagakarsa, Pasar Minggu, Cilandak, Pancoran, Setiabudi, Tebet, Mampang Prapatan, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Pesanggrahan dan sekitarnya.

    Jakarta Utara: Kelapa Gading, Tanjung Priok, Koja, Cilincing, Pademangan, Penjaringan dan sekitarnya.


    Wilayah Bogor Kota, meliputi:

    Bubulak, Cilendek, Curug, Gunungbatu, Loji, Pasirkuda, Semplak, Sindang barang, Batu tulis, Bondongan, Cikaret, Cipaku, Empang, Lawang gintung, Pakuan, Rancamaya, Babakan, Ciwaringin, Pabaton, Paledang, Sempur, Tegallega, Baranangsiang, Katulampa , Sindang sari, Sukasari, Tajur, Bantar Jati, Cibuluh, Ciluar, Cimahpar, Ciparigi, Kedung halang, Tanah baru, Tegal gundil, Tanah Sareal, Cibadak, Kayumanis, Kebonpedes, Kedungbadak, Kedungwaringin, Tanah sareal dan sekitarnya.


    Wilayah Kabupaten Bogor, meliputi:

    Cibinong, Citeureup, Babakan Madang, Cileungsi, Jonggol, Cariu, Gunung Putri, Cilebut, Bojonggede, Kemang, Parung, Tajurhalang, Ciseeng, Sawangan, Gunung Sindur, Tajur, Ciawi, Cisarua, Megamendung, Dramaga, Ciampea, Leuwiliang, Casing , Ciomas, Bubulak, Ciapus, Tamansari, Pamijahan, Cijeruk, Caringin, Cigombong dan sekitarnya.


    Wilayah Kota Depok, Meliputi:

    Depok Timur, Depok Tengah, Depok Lama, Cisalak, Margonda, Pondok Cina, Beji, Pancoran Mas, Cipayung, Sukmajaya, Cilodong, Limo, Cinere, Cimanggis, Tapos, Sawangan, Bojongsari, Mekarsari, Sukatani, Cinangka, Cipayung, Gandul, Pengasinan dan sekitarnya.


    Wilayah Tangerang, Meliputi:

    Ciputat, Pamulang, BSD, Serpong, gading serpong, Pondok Aren, Curug, Cikupa, Tigaraksa, Kosambi dan sekitarnya.


    Wilayah Bekasi, Meliputi:

    Bekasi Barat, Bekasi Selatan, Bekasi Timur, Bekasi Utara, Bantar Gebang, Jati Asih, Jati sampurna, Medan Satria, Mustika Jaya, Pondok Gede, Pondok Melati, Rawalumbu, Cibitung, Cikarang, warung Kedung, Tambun
    dan sekitarnya.

    BalasHapus

Posting Komentar